Mau Bisnis Tanpa Modal? Ini Kunci Suksesnya!

Sebuah bisnis kerap terhambat karena keterbatasan modal. Banyak orang yang akhirnya tak jadi berbisnis karena kekurangan hal tersebut.

Jika kamu termasuk salah satunya, cobalah untuk mulai mengubah pola pikir tersebut secepat mungkin! Kenapa? Sebab ada banyak bisnis tanpa modal yang bisa kamu jalankan di dunia ini!

Caranya, kamu bisa jual barang-barang pribadi yang sudah tak terpakai namun masih layak di media sosial atau platform jual beli. Tak cuma bisa jadi pemasukan, hal tersebut juga bisa mengurangi penumpukan barang di dalam rumah.

Bisnis tanpa modal lainnya, kamu bisa jadi dropshipper yang hanya bertugas memasarkan produk melalui media sosial yang kamu punya. Di sini, kamu ga perlu modal atau sediakan stok barang yang banyak seperti seorang supplier.

Berikut saya jabarkan metode singkat untuk jadi seorang dropshipper. Dalam hal ini, kamu perlu memilih supplier atau pemilik barang terlebih dulu yang mau diajak kerjasama. Kalo mereka setuju untuk berkolaborasi, barulah kamu bisa mem-posting foto-foto produk mereka di akun media sosial kamu. Ya, tentu saja dengan harga yang lebih tinggi dari yang ditetapkan oleh si pemilik barang.

READ  Apa Saja Sih Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021? Ini Daftarnya!

Kalo ada yang memesan barang dan melakukan pembayaran, tugas kamu di sini adalah menghubungi si pemilik barang, lalu menyetorkan uang dengan nominal yang sudah disepakati di awal. Jika sudah disetor, pemilik barang akan mengirimkan barang tersebut kepada pembeli atas nama kamu selaku dropshipper. Mudah bukan bisnis tanpa modal yang satu ini?

Terkait hal itu, Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, menjadi seorang dropshipper adalah pilihan tepat bagi seseorang yang mau bisnis tanpa modal. “Kalau mau menekan modal awal, ada tidak produsen yang memberikan fasilitas atau untuk penjualan reseller. Apalagi kalau boleh sistem dropshipper, itu sangat menekan modal, hanya modal kuota internet untuk pasarkan barang tersebut,” ujarnya.

READ  Simak Baik-baik, Ini Dia Sederet Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Perlu Kamu Tahu!

Andy juga menyarankan agar para dropshipper menjual produk yang memang diminati oleh masyarakat dalam masa pandemi seperti saat ini. Kata dia, bisa produk makanan beku (frozen food), masker wajah, atau perlengkapan bercocok tanam.

Senada dengan Andy, Perencana Keuangan Eko Endarto juga mengungkapkan bahwa bisnis yang paling menjanjikan di masa seperti ini adalah bisnis makaman. Kenapa demikian? Sebab makanan adalah kebutuhan pokok bagi semua masyarakat.

“Kalau ngomongin bisnis yang tidak kena pengaruh krisis yaitu makanan, karena orang butuh makan,” pungkasnya.

Nah, bagi kamu yang mau menekuni bisnis di bidang makanan, Eko menyarankan untuk menjalankan sistem Pre-order. Jadi, kamu hanya perlu menyediakan sejumlah makanan yang memang sudah dipesan oleh si pembeli. Enaknya sistem ini, kamu akan menerima pembayaran di awal, sehingga bisa jadi modal untuk belanja bahan makanan.

READ  Pria ini Putus Sekolah, Tapi Sukses jadi Pengusaha Kaya Raya! Kok Bisa?

Tips agar bisnis berjalan lancar dan sukses

Agar bisnis berjalan lancar dan sukses, kamu harus memegang prinsip utama yang disebut dengan CIEL (creativity, innovation, entrepreneurship, dan leadership). Begitu kata pakar marketing bernama  Hermawan Kartajaya.

Menurut Hermawan, setiap pebisnis, apapun jenis usahanya wajib punya keempat prinsip tersebut. Kreativitas wajib ada untuk mendukung produktivitas, inovasi juga harus ada untuk mendukung kreativitas. Adapun jiwa entrepreneurship dan leadership juga dibutuhkan agar kamu selaku pebisnis bisa memanfaatkan kesempatan dari setiap perubahan yang terjadi di masyarakat.

Ya, itulah kunci sukses bisnis tanpa modal. Gimana, siap menerapkannya?

You May Also Like

About the Author: Big Balooney