Memulai Bisnis saat Pandemi Covid-19, Kenapa Tidak?

Pandemi covid-19 berhasil meluluhlantakkan perekonomian di banyak negara. Salah satu yang terdampak sebut saja Tim Chen, pendiri perusahaan NerdWallet senilai 500 juta dolar AS. Kendati begitu, sosok ini tetap optimis dengan keadaan yang terus berjalan. Ia percaya bahwa tetap ada peluang bagi orang yang mau berusaha atau memulai bisnis.

“Sekarang adalah waktu terbaik untuk memulai bisnis,” ujarnya, seperti dikutip dari laman CNBC.

Chen bercerita, selama krisis tahun 2008-2009, ia diberhentikan dari pekerjaannya di sebuah perusahaan. Tak mau dilanda kesedihan berkepanjangan, ia pun memutuskan untuk menjadi wirausahawan dan memulai bisnis.

Ketika itu, ia berusia 37 tahun. Ia mengatakan bahwa ide membuat NerdWallet muncul setelah menganggur selama beberapa bulan. Pada suatu momen, saudara perempuannya yang tinggal di Australia mengirim sebuah email dan bertanya tentang kartu kredit dengan biaya transaksi luar negeri yang lebih murah.

READ  Cek Nih, Perbedaan Mendasar antara Wirausaha dan Wiraswasta!

Karena tak menemukan jawabannya, ia pun membuat daftar sendiri. Daftar itulah yang menginspirasinya membuat NerdWallet. Saat itu, modal yang digelontorkan Chen adalah sebesar 800 dolar AS untuk biaya domain dan perangkat lunak.

Sebagai informasi, NerdWallet memiliki lebih dari 10 juta pengunjung setiap bulannya. Nilai perusahaan itupun melonjak drastis, yakni lebih dari setengah miliar dolar AS.

“Krisis keuangan adalah waktu terburuk untuk memulai bisnis, tapi saya benar-benar merasakan yang sebaliknya,” terang Chen.

Yang jadi pertanyaan, kenapa masa pandemi jadi waktu yang terbaik untuk memulai sebuah usaha? Berikut alasan lengkapnya, seperti disampaikan oleh Chen:

Ada peluang besar untuk menemukan pekerja terampil

Dalam masa pandemi, banyak perusahaan yang melakukan PHK terhadap karyawannya. Menurut Chen, inilah waktu yang tepat untuk menemukan karyawan terbaik.

READ  Apa Saja Sih Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2021? Ini Daftarnya!

Dijelaskannya, biaya untuk talenta hebat cenderung menurun selama masa pandemi. Alhasil, akan lebih mudah untuk mempekerjakan mereka dengan ongkos yang lebih murah. “Pengusaha bisa menciptakan produk yang lebih baik dengan biaya yang lebih terjangkau,” tambahnya.

Biaya marketing akan lebih murah

Memulai bisnis di masa pandemi juga akan membuat biaya marketing jadi lebih murah. Sebab, harga iklan cenderung menurun selama masa ini.

Bagi pengusaha pemula, Chen menyarankan untuk menemukan platform iklan berbiaya murah untuk menghemat biaya pemasaran. Bahkan, jika tidak punya anggaran, tak ada salahnya untuk memasarkan produk yang dibuat dari mulut ke mulut.

Persaingan semakin minim

Chen mengisahkan awal mulanya mendirikan NerdWallet pada tahun 2009 silam.  Ia mengatakan bahwa saat itu hampir tak ada orang yang memulai perusahaan keuangan pribadi seperti dirinya. Itu berarti, hanya ada sedikit persaingan dalam beberapa waktu mendatang.

READ  Mau Bisnis Tanpa Modal? Ini Kunci Suksesnya!

“Sekarang adalah waktu yang fantastis untuk memulai bisnis. Di tengah pembatasan sosial, hanya sedikit orang yang memikirkannya,” pungkas Chen.

Bisnis baru akan lebih gesit

Chen mengungkapkan, dunia tak akan lagi sama setelah keluar dari masa pandemi. Karena itu, ia mendesak para pengusaha untuk berpikir secara berbeda saat mengembangkan sebuah bisnis.

Menurut dia, keuntungan memulai bisnis di tahap awal adalah pergerakannya akan lebih gesit dan bisa merespons peluang dengan lebih baik. Hal ini berbanding terbalik dengan pengusaha lama yang saat ini mungkin sedang berusaha untuk memberhentikan para karyawannya.

Di sisi lain, Chen juga meminta para pengusaha untuk berhati-hati menjalankan bisnis di tengah krisis. Ia menyarankan untuk seminimal mungkin menggunakan anggaran.

Ya, itulah sejumlah alasan kenapa masa pandemi adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Bagaimana, siap menerapkannya?

You May Also Like

About the Author: Big Balooney